Skip to main content

CONTOH PENDAHULUAN DAN DAFTAR ISI YANG BENAR SESUAI KAIDAH PENULISAN MAKALAH


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam teori ekonomi, sebuah perekonomian akan berjalan jika unsur-unsur dalam ekonomi berjalan dan saling memanfaatkan satu sama lain sebab pada prinsipnya manusia adalah makhluk social yang saling ketergantungan antar sesama. Adanya produsen dikarenakan adanya konsumen. Begitu pula adanya sesuatu yang dihasilkan  karena adanya permintaan dari masyarakat yang memerlukan, sebab konsumen adalah setiap pemakai atau pengguna barang atau jasa baik untuk kepentingan diri sendiri dan atau kepentingan orang lain. Namun secara sederhana dapat diartikan sebagai pengguna barang dan atau jasa, Masing-masing konsumen merupakan pribadi unik dimana antara konsumen yang satu dengan yang lain memiliki kebutuhan yang berbeda juga perilaku yang berbeda dalam memenuhi kebutuhannya. Namun, dari perbedaan-perbedaan yang unik tersebut ada satu persamaan yakni setiap saat konsumen akan berusaha untuk memaksimalkan kepuasannya pada saat mengkonsumsi suatu barang ataupun jasa. Tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen dalam mengkonsumsi barang disebut dengan utilitas.
Sebagai seorang muslim, konsumsi tidak hanya semata-mata untuk mendapakan kepuasan. Namun ada hal-hal lain yang seharusnya dicapai dalam kegiatan konsumsi. Tujuan utama konsumsi seorang muslim adalah sebagai sarana penolong untuk beribadah kepada Allah. Sesungguhnya mengkonsusmsi sesuatu dengan niat untuk meningkatkan stamina dalam ketaatan pengamdian kepada Allah akan menjadikan konsusmsi itu bemilai ibadah yang dengannya manusia mendapatkan pahala. Al-Quran dan hadits memberikan petunjuk-petunjuk yang sangat jelas tentang konsumsi, supaya perilaku konsumsi manusia menjadi terarah dan agar manusia dijauhkan dari sifat yang hina karena perilaku konsumsinya. Perilaku konsumsi yang sesuai dengan ketentuan Allah dan RasulNya akan menjamin kehiduan manusia yang adil dan sejahtera deunia dan akhirat (falah). Penjelasan lebih mendalam terkait konsumsi akan dibahas pada makalah kali ini.




1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat kita dapatkan beberapa rumusan masalah, yaitu:
1.      Bagaimana teori konsumsi menurut sudut pandang konvensional?
2.      Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi?
3.      Bagaimana teori konsumsi menurut sudut pandang Islam?
4.      Bagaimana etika konsumsi dalam Ekonomi Islam?
5.      Bagaimana perilaku konsumen dalam Ekonomi Islam?
6.      Bagaimana prinsip dasar perilaku konsumen dalam Islam?
7.      Bagaimana batasan konsumsi dalam syariah Islam?
1.3  Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah diatas, dapat kita dapatkan beberapa tujuan, yaitu:
1.      Untuk mengetahui bagaimana teori konsumsi menurut sudut pandang konvensional
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi
3.      Untuk mengetahui bagaimana teori konsumsi menurut sudut pandang Islam
4.      Untuk mengetahui bagaimana etika konsumsi dalam Ekonomi Islam
5.      Untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam Ekonomi Islam
6.      Untuk mengetahui bagaimana prinsip dasar perilaku konsumen dalam Islam
7.      Untuk mengetahui bagaimana batasan konsumsi dalam syariah Islam















DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN..........................................................................................................1
1.4     Latar Belakang...............................................................................................................2
1.5     Rumusan Masalah..........................................................................................................2
1.6     Tujuan Penulisan............................................................................................................2
DAFTAR ISI..............................................................................................................................3
BAB II ISI..................................................................................................................................4
2.1     Teori Konsumsi Konvensional.......................................................................................4
2.2     Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkan Konsumsi.................................................4
2.3      Konsumsi dalam Ekonomi Islam...................................................................................8
2.4      Etika Konsumsi dalam Ekonomi Islam........................................................................11
2.5      Perilaku Konsumen dalam Ekonomi Islam..................................................................13
2.6      Prinsip Dasar Perilaku Konsumen Islami.....................................................................16
2.7      Batasan Konsumsi dalam Syariah................................................................................19
BAB III PENUTUP..................................................................................................................20
3.1 Kesimpulan....................................................................................................................20
3.2 Saran..............................................................................................................................20
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................................21





Comments

Popular posts from this blog

PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk (MANAJEMEN MARKETING)

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk A. Latar Belakang Dalam dunia bisnis yang berjalan di Indonesia, siapa yang tidak mengenal kedikdayaan PT. Indofood. PT. Indofood merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta. Perusahaan ini muncul dengan berbagai produk makanan dan minuman yang merupakan merek yang sering kita pakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak hanya itu PT. Indofood yang didirikan pada tahun 1990 tetap bisa bertahan sebagai pemuncak pasar konsumen di Indonesia. Hal ini menjadi menarik bagi kami mahasiswa yang sedang memperdalam studi di bidang manajemen lebih khusus dalam mata kuliah bisnis internasional untuk mengetahui bagaimana strategi PT. Indofood untuk terus bisa mempertahankan posisi di puncak pasar konsumen, bahkan PT. Indofood juga telah berhasil melebarkan sayapnya sampai ke Australia, Asia dan Eropa. B. Bisnis Internasional Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan N

QUR'AN HADIST MANAJEMEN (PRODUKSI SYARIAH)

BAB I PENDAHULUAN A.                 LATAR BELAKANG Produksi dalam istilah konvensional adalah mengubah sumber-sumber dasar kedalam barng jadi, atau proses dimana input diolah menjadi output. Islam mendorong umatnya untuk berproduksi dan menekuni aktivitas ekonomi dalam segala bentuknya seperti pertanian, peternakan, perburuan, industri perdagangaan dan sebagainya. Islam memandang setip amal perbuatan yang menghasilkan benda atau pelayanan yang bermanfaat bagi manusia atau yang mempermudah kehidupan mereka dan menjadikannya lebih makmur dan sejahtera. Islam memberi nilai tambah sebagai amal ibadah kepada Allah SWT dan dianggap sebagai perjuangan di jalan-Nya.   Dengan bekerja setiap individu dapat memenuhi hajat hidup dirinya, hajat hidup keluarganya, berbuat baik kepada kerabatnya, bahkan dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat disekitarnya. Hal ini merupakan keutamaan-keutamaan yang dihargai oleh agama dan tidak bisa dilaksanakan kecuali dengan harta. Sementara itu,

CONTOH PEMASARAN JASA (PEMASARAN JASA)

IBX58B2D2281507E BAB I Karakteristik dan Klasifikasi Jasa Penyewaan Alat Outdoor Karakteristik Jasa Penyewaan Alat Outdoor Jasa Penyewaan Alat Outdoor merupakan jasa yang sifatnya tidak berwujud akan tetapi jasa tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Hanya saja perusahaan tersebut harus memberi kenyamanan pada pelanggan dengan tambhan fasilitas yang bisa member atau tambahan kenyamanan konsumen. Jasa Penyewaan Alat Outdoor tersebut merupakan jasa yang sifatnya tidak dapat terpisahkan . pelanggan memnbeli jasa kemudian dikonsumsi secara langsung tanpa ada barang atau produk yang merika terima, hanya saja memperoleh manfaat. Dilihat dari bentuk keanekaragamnnya, jasa Penyewaan Alat Outdoor mempunyai bentuk pelayanan yang sangat beraneka ragam. Hal ini dibuat karena karena menyesuaikan dan melayani permintaan pelanggan yang kita hadapi. Kemudian karakteristik Penyewaan Alat Outdoor yang terakhir adalah tidak tahan lama, setelah mereka menikmati jasa yang konsumen b