BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dalam teori ekonomi, sebuah perekonomian akan berjalan
jika unsur-unsur dalam ekonomi berjalan dan saling memanfaatkan satu sama lain
sebab pada prinsipnya manusia adalah makhluk social yang saling ketergantungan
antar sesama. Adanya produsen dikarenakan adanya konsumen. Begitu pula adanya
sesuatu yang dihasilkan karena adanya permintaan dari masyarakat yang
memerlukan, sebab konsumen adalah setiap pemakai atau pengguna barang atau jasa
baik untuk kepentingan diri sendiri dan atau kepentingan orang lain. Namun
secara sederhana dapat diartikan sebagai pengguna barang dan atau jasa,
Masing-masing konsumen merupakan pribadi unik dimana antara konsumen yang satu
dengan yang lain memiliki kebutuhan yang berbeda juga perilaku yang berbeda
dalam memenuhi kebutuhannya. Namun, dari perbedaan-perbedaan yang unik tersebut
ada satu persamaan yakni setiap saat konsumen akan berusaha untuk memaksimalkan
kepuasannya pada saat mengkonsumsi suatu barang ataupun jasa. Tingkat kepuasan
yang diperoleh konsumen dalam mengkonsumsi barang disebut dengan utilitas.
Sebagai seorang muslim, konsumsi tidak hanya
semata-mata untuk mendapakan kepuasan. Namun ada hal-hal lain yang seharusnya
dicapai dalam kegiatan konsumsi. Tujuan utama konsumsi seorang muslim adalah
sebagai sarana penolong untuk beribadah kepada Allah. Sesungguhnya
mengkonsusmsi sesuatu dengan niat untuk meningkatkan stamina dalam ketaatan
pengamdian kepada Allah akan menjadikan konsusmsi itu bemilai ibadah yang
dengannya manusia mendapatkan pahala. Al-Quran dan hadits memberikan
petunjuk-petunjuk yang sangat jelas tentang konsumsi, supaya perilaku konsumsi
manusia menjadi terarah dan agar manusia dijauhkan dari sifat yang hina karena
perilaku konsumsinya. Perilaku konsumsi yang sesuai dengan ketentuan Allah dan
RasulNya akan menjamin kehiduan manusia yang adil dan sejahtera deunia dan
akhirat (falah). Penjelasan lebih mendalam terkait konsumsi akan dibahas pada
makalah kali ini.
1.2
Rumusan Masalah
Dari latar
belakang diatas, dapat kita dapatkan beberapa rumusan masalah, yaitu:
1. Bagaimana teori konsumsi menurut sudut
pandang konvensional?
2. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi
tingkat konsumsi?
3. Bagaimana teori konsumsi menurut sudut
pandang Islam?
4. Bagaimana etika konsumsi dalam Ekonomi
Islam?
5. Bagaimana perilaku konsumen dalam Ekonomi
Islam?
6. Bagaimana prinsip dasar perilaku konsumen
dalam Islam?
7. Bagaimana batasan konsumsi dalam syariah
Islam?
1.3
Tujuan Penulisan
Dari rumusan
masalah diatas, dapat kita dapatkan beberapa tujuan, yaitu:
1. Untuk mengetahui bagaimana teori konsumsi menurut
sudut pandang konvensional
2. Untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat konsumsi
3. Untuk mengetahui bagaimana teori konsumsi
menurut sudut pandang Islam
4. Untuk mengetahui bagaimana etika konsumsi
dalam Ekonomi Islam
5. Untuk mengetahui bagaimana perilaku
konsumen dalam Ekonomi Islam
6. Untuk mengetahui bagaimana prinsip dasar
perilaku konsumen dalam Islam
7. Untuk mengetahui bagaimana batasan
konsumsi dalam syariah Islam
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN..........................................................................................................1
1.4
Latar Belakang...............................................................................................................2
1.5
Rumusan Masalah..........................................................................................................2
1.6
Tujuan Penulisan............................................................................................................2
DAFTAR ISI..............................................................................................................................3
BAB II ISI..................................................................................................................................4
2.1
Teori Konsumsi Konvensional.......................................................................................4
2.2
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkan Konsumsi.................................................4
2.3
Konsumsi
dalam Ekonomi Islam...................................................................................8
2.4
Etika Konsumsi dalam Ekonomi Islam........................................................................11
2.5
Perilaku Konsumen dalam Ekonomi Islam..................................................................13
2.6
Prinsip Dasar Perilaku Konsumen Islami.....................................................................16
2.7
Batasan Konsumsi dalam Syariah................................................................................19
BAB III PENUTUP..................................................................................................................20
3.1 Kesimpulan....................................................................................................................20
3.2 Saran..............................................................................................................................20
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................................................21
Comments
Post a Comment