Skip to main content

ANALISIS DAN STRATEGI OPERASI PT. TJIWI KIMIA, TBK (MENEJEMEN MARKETING)


Analisis Strategi Operasi PT. Tjiwi Kimia, Tbk

1.      Misi dan Strategi perusahaan
           
            Misi dari perusahaan antara lain adalah meningkatkan pangsa pasar di seluruh dunia, menggunakan teknologi mutakhir dalam mengembangkan produk baru, meningkatkan sumber daya manusia melalui pelatihan, dan mewujudkan komitmen usaha berkelanjutan disemua kegiatan operasional.
            Bagi konsumen Amerika Serikat Produk Stationary yang berasal dari Tjiwi Kimia merupakan produk dengan mutu dan kualitas yang bagus serta harga yang relatif murah.  Itulah image yang ada dibenak konsumen, sangatlah sulit menciptakan citra positif di pangsa pasar Amerika Serikat, apalagi dengan tujuan untuk menambah daya jual di negeri Paman Sam. Srategi Komunikasi Interpersonal yang digunakan oleh divisi marketing Stationery selama ini bisa dikatakan berhasil menciptakan citra positif baik terhadap produk maupun perusahaan dengan memperhatikan simbol bahasa dan gesture. Simbol bahasa dan gesture merupakan hal yang sangat penting karena adanya perbedaan budaya antara masyarakat Indonesia dan Amerika dalam berinteraksi. Penggunaan televisi sebagai media iklan dipandang sangat efektif dalam membentuk citra positif karena sifatnya yang memadukan teknologi audio visual membuat tayangan iklan lebih menarik dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.
           
2.      Strategi operasional
           
            Ada tiga komponen yang dianjurkan pearce and robinson (2005), yaitu pertama, sensitivitas keinginan pelanggan, bahwa misi PT. Tjiwi Kimia telah berupaya meningkatkan pangsa pasar di seluruh dunia guna memenuhi keinginan atau kebutuhan pelanggan. Yang kedua perhatian terhadap mutu dan kualitas, PT. Tjiwi Kimia melalui teknologi yang  mutakhir dan pengembangan sumber daya manusianya, dua komponen tersebut merupakan upaya PT. Tjiwi Kimia untuk meningkatkan masalah mutu dan kualitasnya, ketiga yaitu pernyataan visi perusahaan, tercantum dalam visi perusahaan bahwa PT. Tjiwi Kimia berkomitmen dalam peningkatan usaha berkelanjutan disemua kegiatan operasionalnya demi tercapainya visi perusahaan.
           
3.      Keunggulan bersaing

Berwujud :
·         Memiliki beragam jenis stationery dan produk perlengkapan kantor seperti buku tulis, memo, loose leaf, notepad,spiral, amplop, kertas komputer, kertas kado,shopping bag dan produk fancy
·         Perusahaan mempekerjakan secara langsung sekitar 11.300 karyawan
·         Memiliki berbagai peralatan berat penunjang kegiatan bongkar muat, seperti  Forklift, truk fuso, pick up dan truk trailer milik perusahan sendiri.
·         Memiliki berbagai  macam mesin produksi yang modern dengan kualitas tinggi
·         Memiliki sembilan entitas Anak Perseroan, yaitu: PT Mega Kertas Pratama sebagai Distributor di Tangerang, Tjiwi Kimia Trading III (BVI) Limited sebagai Distributor di British Virgin Islands ,Tjiwi Kimia Finance Mauritius Limited Bidang Keuangan di Mauritius, TK Trading Limited sebagai Distributor di Cayman Islands ,Tjiwi Kimia Trading (II) Limited ssebagai Distributor di Cayman Islands ,TK Import & Export Ltd sebagai Distributor di British Virgin Islands ,Tjiwi Kimia Finance B.V. Bidang Keuangan di Belanda,Marshall Enterprise Ltd. sebagai Investasi di Malaysia dan PT. Sumalindo Hutani Jaya sebagai supplier bahan baku di jakarta
·         Memiliki pegawai bagian pengembangan produk yang ahli dalam bidangnya.

Tak berwujud :
·         Di tahun 2015, Perseroan menerima penghargaan untuk best practice CSR dalam acara Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya yang diadakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
·         mendapatkan sertifikasi SVLK di akhir tahun 2012. Audit sertifikasi ini dilakukan oleh PT. TUV Rheinland Indonesia, sebuah badan sertifikasi independen dan anggota dari TUV Rheinland Group yang berkantor pusat di Jerman

4.      SWOT analisis



Comments

Popular posts from this blog

PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk (MANAJEMEN MARKETING)

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk A. Latar Belakang Dalam dunia bisnis yang berjalan di Indonesia, siapa yang tidak mengenal kedikdayaan PT. Indofood. PT. Indofood merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang bermarkas di Jakarta. Perusahaan ini muncul dengan berbagai produk makanan dan minuman yang merupakan merek yang sering kita pakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak hanya itu PT. Indofood yang didirikan pada tahun 1990 tetap bisa bertahan sebagai pemuncak pasar konsumen di Indonesia. Hal ini menjadi menarik bagi kami mahasiswa yang sedang memperdalam studi di bidang manajemen lebih khusus dalam mata kuliah bisnis internasional untuk mengetahui bagaimana strategi PT. Indofood untuk terus bisa mempertahankan posisi di puncak pasar konsumen, bahkan PT. Indofood juga telah berhasil melebarkan sayapnya sampai ke Australia, Asia dan Eropa. B. Bisnis Internasional Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan antara Negara yang satu dengan N

QUR'AN HADIST MANAJEMEN (PRODUKSI SYARIAH)

BAB I PENDAHULUAN A.                 LATAR BELAKANG Produksi dalam istilah konvensional adalah mengubah sumber-sumber dasar kedalam barng jadi, atau proses dimana input diolah menjadi output. Islam mendorong umatnya untuk berproduksi dan menekuni aktivitas ekonomi dalam segala bentuknya seperti pertanian, peternakan, perburuan, industri perdagangaan dan sebagainya. Islam memandang setip amal perbuatan yang menghasilkan benda atau pelayanan yang bermanfaat bagi manusia atau yang mempermudah kehidupan mereka dan menjadikannya lebih makmur dan sejahtera. Islam memberi nilai tambah sebagai amal ibadah kepada Allah SWT dan dianggap sebagai perjuangan di jalan-Nya.   Dengan bekerja setiap individu dapat memenuhi hajat hidup dirinya, hajat hidup keluarganya, berbuat baik kepada kerabatnya, bahkan dapat memberikan pertolongan kepada masyarakat disekitarnya. Hal ini merupakan keutamaan-keutamaan yang dihargai oleh agama dan tidak bisa dilaksanakan kecuali dengan harta. Sementara itu,

CONTOH PEMASARAN JASA (PEMASARAN JASA)

IBX58B2D2281507E BAB I Karakteristik dan Klasifikasi Jasa Penyewaan Alat Outdoor Karakteristik Jasa Penyewaan Alat Outdoor Jasa Penyewaan Alat Outdoor merupakan jasa yang sifatnya tidak berwujud akan tetapi jasa tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh konsumen. Hanya saja perusahaan tersebut harus memberi kenyamanan pada pelanggan dengan tambhan fasilitas yang bisa member atau tambahan kenyamanan konsumen. Jasa Penyewaan Alat Outdoor tersebut merupakan jasa yang sifatnya tidak dapat terpisahkan . pelanggan memnbeli jasa kemudian dikonsumsi secara langsung tanpa ada barang atau produk yang merika terima, hanya saja memperoleh manfaat. Dilihat dari bentuk keanekaragamnnya, jasa Penyewaan Alat Outdoor mempunyai bentuk pelayanan yang sangat beraneka ragam. Hal ini dibuat karena karena menyesuaikan dan melayani permintaan pelanggan yang kita hadapi. Kemudian karakteristik Penyewaan Alat Outdoor yang terakhir adalah tidak tahan lama, setelah mereka menikmati jasa yang konsumen b