Analisis Strategi Operasi PT. Tjiwi Kimia, Tbk
1.
Misi
dan Strategi perusahaan
Misi
dari perusahaan antara lain adalah meningkatkan pangsa pasar di seluruh dunia,
menggunakan teknologi mutakhir dalam mengembangkan produk baru, meningkatkan
sumber daya manusia melalui pelatihan, dan mewujudkan komitmen usaha
berkelanjutan disemua kegiatan operasional.
Bagi
konsumen Amerika Serikat Produk Stationary yang berasal dari Tjiwi Kimia
merupakan produk dengan mutu dan kualitas yang bagus serta harga yang relatif
murah. Itulah image yang ada dibenak konsumen, sangatlah sulit
menciptakan citra positif di pangsa pasar Amerika Serikat, apalagi dengan
tujuan untuk menambah daya jual di negeri Paman Sam. Srategi Komunikasi
Interpersonal yang digunakan oleh divisi marketing Stationery selama ini bisa
dikatakan berhasil menciptakan citra positif baik terhadap produk maupun
perusahaan dengan memperhatikan simbol bahasa dan gesture. Simbol bahasa dan
gesture merupakan hal yang sangat penting karena adanya perbedaan budaya antara
masyarakat Indonesia dan Amerika dalam berinteraksi. Penggunaan televisi
sebagai media iklan dipandang sangat efektif dalam membentuk citra positif
karena sifatnya yang memadukan teknologi audio visual membuat tayangan iklan
lebih menarik dan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.
2.
Strategi
operasional
Ada tiga
komponen yang dianjurkan pearce and robinson (2005), yaitu pertama,
sensitivitas keinginan pelanggan, bahwa misi PT. Tjiwi Kimia telah berupaya
meningkatkan pangsa pasar di seluruh dunia guna memenuhi keinginan atau
kebutuhan pelanggan. Yang kedua perhatian terhadap mutu dan kualitas, PT. Tjiwi
Kimia melalui teknologi yang mutakhir dan pengembangan sumber daya
manusianya, dua komponen tersebut merupakan upaya PT. Tjiwi Kimia untuk
meningkatkan masalah mutu dan kualitasnya, ketiga yaitu pernyataan visi
perusahaan, tercantum dalam visi perusahaan bahwa PT. Tjiwi Kimia berkomitmen
dalam peningkatan usaha berkelanjutan disemua kegiatan operasionalnya demi
tercapainya visi perusahaan.
3.
Keunggulan
bersaing
Berwujud :
·
Memiliki
beragam jenis stationery dan produk perlengkapan kantor seperti buku tulis,
memo, loose leaf, notepad,spiral, amplop, kertas komputer, kertas kado,shopping
bag dan produk fancy
·
Perusahaan
mempekerjakan secara langsung sekitar 11.300 karyawan
·
Memiliki berbagai
peralatan berat penunjang kegiatan bongkar muat, seperti Forklift, truk
fuso, pick up dan truk trailer milik perusahan sendiri.
·
Memiliki
berbagai macam mesin produksi yang modern dengan kualitas tinggi
·
Memiliki sembilan
entitas Anak Perseroan, yaitu: PT Mega Kertas Pratama sebagai Distributor di
Tangerang, Tjiwi Kimia Trading III (BVI) Limited sebagai Distributor di British
Virgin Islands ,Tjiwi Kimia Finance Mauritius Limited Bidang Keuangan di
Mauritius, TK Trading Limited sebagai Distributor di Cayman Islands ,Tjiwi
Kimia Trading (II) Limited ssebagai Distributor di Cayman Islands ,TK Import
& Export Ltd sebagai Distributor di British Virgin Islands ,Tjiwi Kimia
Finance B.V. Bidang Keuangan di Belanda,Marshall Enterprise Ltd. sebagai
Investasi di Malaysia dan PT. Sumalindo Hutani Jaya sebagai supplier bahan baku
di jakarta
·
Memiliki
pegawai bagian pengembangan produk yang ahli dalam bidangnya.
Tak berwujud :
·
Di
tahun 2015, Perseroan menerima penghargaan untuk best practice CSR dalam acara
Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya yang diadakan oleh Kementerian
Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
·
mendapatkan
sertifikasi SVLK di akhir tahun 2012. Audit sertifikasi ini dilakukan oleh PT.
TUV Rheinland Indonesia, sebuah badan sertifikasi independen dan anggota dari
TUV Rheinland Group yang berkantor pusat di Jerman
4.
SWOT
analisis
Comments
Post a Comment